PEMBAHASAN MICROSOFT EXCEL
1)
Jelaskan
pengertian dari hal berikut :
·
Kspread,
·
Startoffice,
·
Open office
calc,
·
Gnumeric,
·
Abacus,
·
Wingz,
·
Xess,
·
Xxl,
·
Lotus 1-2-3,
·
Microsoft Excel.
2)
=, +, -, /, %, *
3)
Jelaskan
pengertian, fungsi dari hal berikut :
·
Row,
·
Colomn,
·
Cell, dan
·
Range.
4)
Jelaskan
pengertian dan fungsi rumus berikut :
·
Sum,
·
Sumif,
·
If,
·
Average,
·
Maximum,
·
Minimum,
·
Count,
·
Counta,
·
Countif,
·
If Ganda,
·
If And,
·
Or,
·
Hlookup,
·
Vlookup.
5)
>, <,
<=, >=, < >
Berikut
adalah pengertian dan fungsi bagian I !!!
v Pengertian
dan Fungsi KSpread
Pengertian KSpread
KSpread
adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang merupakan bagian dari KOffice, paket
office terintegrasi untuk desktop KDE. Beberapa fitur KSpread antara lain: beberapa
lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan
Fungsi KSpread
KSpread
dapat digunakan sebagai aplikasi yang dapat memungkinkan pemformatan, dukungan untuk lebih dari 100
fungsi, template, diagram, pemeriksa ejaan, hyperlink dan pengurutan data.
v Pengertian
dan Fungsi Startoffice calc
Pengertian Startoffice calc
Openoffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah
data angka, teks ataupun formula numeric.
Fungsi Staroffice Calc
Startoffice Calc digunakan memanipulasi data mentah yang
biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan
mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.
v Pengertian
dan Fungsi Gnumeric
Pengertian Gnumeric
Gnumeric adalah perangkat lunak bebas lembar
kerja ('spreadsheet') yang mirip dengan Microsoft
Excel. Program yang diklaim ringan, cepat dan lebih
akurat ini masuk dalam proyek GNOME Office.
Fungsi Gnumeric
Gnumeric dapat digunakan untuk membaca dan mengedit format
dokumen .xls, dan beragam format dokumen lembar kerja umum lainnya.
v Pengertian
dan Fungsi Abacus
Pengertian Abacus
Abacus
adalah aplikasi atau lembar kerja yang hanya membutuhkan memori kecil untuk
dapat dioperasikan dan sangat mudah dalam pengoperasiaan sistem aplikasinya.
Awalnya Abacus merupakan sistem pengembangan proyek di Universitas IST Portugal
dibawah bimbimbingan Prof. Arlindo Oliveira.
Fungsi Abacus
Abacus
digunakan sebagai aplikasi pengolah angka atau spreadsheet yang mudah digunakan
operasinya.
v Pengertian
dan Fungsi Wingz
Pengertian Wingz
Wingz
adalah program aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform dan freeware
meski dibatasi hanya untuk penggunaan non komersial. Wingz juga dilengkapi
dengan perangkat alat bantu untuk menganalisis data dinamis.
Fungsi Wingz
Wingz
dapat digunakan untuk menganalisis data – data yang bersifat dinamis dengan
fungsi – fungsi lengkap dalam bidang statistic, rekayasa, dan keuangan seta
dengan adanya ketersediaan matriks lembaran kerja multiplayer.
v Pengertian
dan Fungsi Xess
Pengertian Xess
Xess
adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat di AIS (Applied Information
System-http://www.ais.com) dan dapat dijalankan di computer dengan sistem UNIX,
LINUX, OPEN VMS dan WINDOWS.
Fungsi Xess
Xess
dapat digunakan sebagai aplikasi pengolah angka sama seperti aplikasi lain yang
ada pada windows/spreadsheet.
v Pengertian
dan Fungsi XxL
Pengertian XxL
XxL
adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Universitas Nice dan
dapat dijalankan dikomputer dengan sistem UNIX. XxL mempunyai tampilan GUI yang
sederhana dan mudah digunakan.
Fungsi XxL
Xxl
dapat digunakan dengan fungsi – fungsi kompleks yang tidak ada di aplikasi
pengolah angka lain pada umumnya.
v Pengertian
dan Fungsi Lotus 1-2-3
Pengertian Lotus 1-2-3
Lotus
1-2-3 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM dan dapat
dijalankan dalam computer yang menggunakan sistem operasi Windows. Lotus 1-2-3
yang dibuat belakangan didesain agar kompartibel dengan dokumen yang
dihasilkan.
Fungsi Lotus 1-2-3
Lotus
1-2-3 dapat mempertukarkan dokumen dengan aplikasi lain seperti Microsoft Excel
dan merupakan aplikasi pengolah angka yang paling tua.
v Pengertian
dan Fungsi MICROSOFT EXCEL/Ms. Excel
Pengertian Microsoft Excel
Microsoft
Excel merupakan aplikasi program lembar kerja pengolah angka (Spreadsheet)
untuk mengolah data secara otomatis dan sistematis yang data tersebut dapat
berupa perhitungan dasar, rumus – rumus, pemakaian fungsi – fungsi, pengolahan
data table, diagram, grafik dan manajemen data serta penggunaan PivotTabel.
Fungsi Microsoft Excel
Berikut
beberapa fungsi dari Microsoft Excel, sebagai berikut :
a.
Membuat sebuah laporan keuangan;
b.
Membuat daftar nilai;
c.
Membuat daftar hadir;
d.
Melakukan operasi kali, bagi,
tambah, kurang serta rerataan yang cepat;
e.
Membuat grafik keuangan;
f.
Membuat diagram
keuangan;
g.
Melakukan kurs mata uang;
h.
Membuat diagram batang, garis,
dan lingkaran perhitungan;
i.
Membuat berbagai daftar
perhitungan, dll.
Berikut
adalah pengertian dan fungsi tanda aritmatika bagian II !!!
Ø (=)
Tanda sama dengan
Tanda
tersebut merupakan sebuah tanda atau symbol yang menyatakan sama dengan atau
untuk membandingkan apakah nilai pertama dengan nilai kedua itu sama nilainya.
Contoh 4 = 4 atau 9 = 9
Ø (+) Tanda tambah
Tanda
ini merupakan sebuah symbol yang menyatakan bahwa symbol tersebut dapat berguna
untuk menjumlahkan atau menambahkan nilai pertama dan nilai kedua agar dapat
diketahui hasil akhir dari suatu data. Contoh 5 + 4 = 9
Ø (-) Tanda kurang
Tanda
ini merupakan suatu symbol yang dapat menyatakan hal kebalikan dari symbol
diatas yaitu symbol tambah, symbol ini merupakan symbol yang digunakan untuk
mengurangkan suatu nilai pertama dan nilai kedua dalam suatu data untuk
diketahui jumlah akhir dari data tersebut. Contoh 9 – 5 = 4
Ø (/) Tanda garis miring atau bagi
Tanda
ini adalah symbol atau garis miring namun berbeda jika dalam Microsoft Excel
tanda atau symbol ini merupakan symbol yang dapat digunakan untuk membagi atau
pembagian dalam suatu data jika ingin mengetahui nilai atau jumlah akhir dari
pembagian data tersebut. Contoh 9 : 3 = 3 atau 9 / 3 = 3
Ø (*) Tanda bintang atau kali
Tanda
ini adalah tanda bintang jika di pengetahuan umum namun berbeda jika dalam ilmu
keuangan tanda ini merupakan tanda kali apabila di dalam Microsoft Excel yang
dapat berguna untuk mengalikan perkalian perkalian yang ada dalam suatu data
yang ada tersebut. Contoh 3 * 3 = 9 atau
3 x 3 = 9
Tabel
I.I
Operator
Logika Test |
Keterangan |
= |
Sama dengan |
+ |
Penjumlahan |
- |
Pengurangan |
/ |
Pembagian |
* |
Perkalian |
|
¨
Pengertian dan
Fungsi ROW
§
Pengertian ROW
Row/baris
dalam Microsoft Excel didefinisikan dengan angka yang ada di sebelah kiri dari
aplikasi. Baris dimulai dari 1 sampai 1.048.576, jadi ada lebih dari satu juta
baris/row yang ada di Microsoft Excel untuk mencantumkan data/nilai tertentu.
§
Fungsi ROW
Row/baris
berfungsi untuk mencantumkan kata, tulisan, nilai, atau data secara vertical
yang ingin anda gunakan dalam membuat excel dalam berbagai tugas kegiatan.
¨
Pengertian dan
Fungsi COLUMN
§
Pengertian
COLUMN
Column/kolom
dalam Microsoft Excel didefinisikan dengan huruf yang ada diatas lembar kerja
aplikasi. Kolom dimulai dari huruf A sampai XFD yang berjumlah 16.384 kolom
yang dapat dicantumkan berbagai data/nilai.
§
Fungsi COLUMN
Column/kolom
berfungsi kurang lebih seperti baris hanya saja kolom dapat diletakan data,
tulisan, atau sebagainya secara horizontal pada lembar kerja Microsoft Excel.
¨
Pengertian dan
Fungsi CELL
§
Pengertian CELL
Cell/sel
adalah pertemuan antara row/baris dengan column/kolom, sel didefinisikan dengan
huruf dan angka, huruf mewakili lokasi kolom dan angka mewakili lokasi baris.
§
Fungsi CELL
Cell
berguna untuk memberi tahu/menandai pertemuan antara baris dan kolom agar mudah
dalam melakukan pemasukan data, nilai atau yang lainnya dalam Microsoft Excel.
¨
Pengertian dan
Fungsi RANGE
§
Pengertian RANGE
Range
adalah kumpulan atau satuan dari beberapa cell/sel yang berjauhan maupun
berdekatan dengan cara drag/ blog yang ada pada Microsoft Excel.
§
Fungsi RANGE
Range
berfungsi untuk menggabungkan antara beberapa cell/sel yang ada pada Microsoft
Excel yang dapat memudahkan pekerjaan atau tugas yang sedang di kerjakan pada
lembar kerja Excel.
Berikut
adalah pengertian dan fungsi serta contoh soal bagian IV !!!
1)
Pengertian dan Fungsi SUM
Pengertian SUM
SUM
adalah salah satu fungsi (function) yang ada di Microsoft Excel, untuk menjumlahkan
nilai – nilai data (datum) dari setiap cell untuk mencari jumlah akhir dari nilai
– nilai tersebut.
Fungsi SUM
SUM
digunakan untuk mencari dan menjumlahkan nilai akhir dari setiap datum untuk mengetahui
hasil penjumlahan nilai tersebut.
2)
Pengertian dan Fungsi SUMIF
Pengertian SUMIF
SUMIF
adalah fungsi (function) gabungan antara SUM dan IF, jadi SUMIF ialah fungsi
yang digunakan untuk menjumlahkan data datum dengan criteria khusus/tertentu
yang ada di Microsoft Excel.
Fungsi SUMIF
SUMIF
digunakan sebagai function untuk mencari jumlah akhir datum dengan criteria tertentu
dari suatu nilai datum pada cell Microsoft Excel.
3)
Pengertian dan Fungsi IF
Pengetian IF
IF
adalah fungsi (function) yang memungkinkan anda untuk membuat logika perbandingan
antara nilai dan antara apa yang diharapkan dari semua datum di Microsoft
Excel.
Fungsi IF
IF
digunakan untuk menggabungkan dua buah data dari beberapa datum yang ada di
Microsoft Excel.
4)
Pengertian dan Fungsi AVERAGE
Pengertian
AVERAGE
AVERAGE
adalah fungsi yang dapat memungkinkan anda mencari jumlah rata – rata dari data
nilai – nilai yang ingin diketahui hasilnya pada cell di Microsoft Excel.
Fungsi AVERAGE
AVERAGE digunakan untuk mengetahui jumlah nilai rata – rata dari keseluruhan data pada cell Microsoft Excel.
5)
Pengertian dan Fungsi MAX
Pengertian MAX
MAX
adalah fungsi statistic yang memungkinkan anda dalam mencari dan menentukan nilai
terbesar atau tertinggi data dalam suatu data di Microsoft Excel.
Fungsi MAX
MAX
digunakan untuk menentukan nilai terbesar atau tertinggi dalam suatu data/nilai.
6)
Pengertian dan Fungsi MIN
Pengertian MIN
MIN
adalah fungsi statistic yang berlawanan dari fungsi MAX yaitu fungsi statistic
yang memungkinkan anda mencari nilai terkecil atau terendah dari dalam suatu
range cell yang ada pada Microsoft Excel.
Fungsi MIN
MIN
digunakan untuk mencari dan menentukan nilai terkecil atau terendah dari suatu
data/nilai pada Microsoft Excel.
7)
Pengertian dan Fungsi COUNT
Pengertian COUNT
COUNT
adalah fungsi (function) dalam Microsoft Excel yang dapat memungkinkan anda dalam
menghitung jumlah banyaknya data dalam satu range yang berisi angka – angka nilai
data pada cell.
Fungsi COUNT
COUNT
dapat memungkinkan anda untuk menghitung jumlah banyaknya data dalam suatu
range yang ada pada Microsoft Excel atau lembar kerja (Spreadsheet).
8)
Pengertian dan Fungsi COUNTA
Pengertian
COUNTA
COUNTA
adalah fungsi (function) statistika yang memungkinkan anda dapat menghitung jumlah
sel – sel yang berisi data angka atau numberic dan huruf (character) atau data
yang tidak kosong tanpa memperhatikan tipe datanya.
Fungsi COUNTA
COUNTA
digunakan untuk mencari hasil data yang berbeda kolom yang berisi teks dalam suatu
range.
9)
Pengertian dan Fungsi COUNTIF
Pengertian
COUNTIF
COUNTIF
adalah fungsi (function) statistika yang memungkinkan anda dapat mencari jumlah
sel – sel yang berisikan data berdasarkan criteria atau kategori yang
diinginkan di Microsoft Excel.
Fungsi COUNTIF
COUNTIF
dapat digunakan untuk mencari jumlah data sel yang berisikan data berdasarkan kriteria
atau kategori khusus yang diinginkan.
10)
Pengertian dan Fungsi IF GANDA
Pengertian IF
GANDA
IF
GANDA adalah fungsi (function) logika yang dapat memungkinkan anda mencari jumlah
perbandingan yang lebih dari satu yang dapat membuat logis antar nilai dan apa
yang diharapkan dalam bentuk yang paling sederhana.
Fungsi IF GANDA
IF
GANDA dapat digunakan untuk mencari nilai jumlah perbandingan yang lebih dari satu
data yang paling sederhana.
11)
Pengertian dan Fungsi IF AND
Pengertian IF
AND
IF
AND adalah suatu fungsi (function) logika yang ada di Microsoft Excel yang
dapat memeriksa suatu kondisi atau beberapa kondisi apakah benar, jika kondisi benar
maka akan menghasilkan nilai TRUE, jika kondisi
lebih dari satu dan salah satu saja bernilai FALSE maka fungsi akan menghasilkan
fungsi akan menghasilkan nilai FALSE.
Fungsi IF AND
IF
AND digunakan untuk memeriksa suatu kondisi atau beberapa kondisi dalam data
apakah data tersebut benar ataupun salah.
12)
Pengertian dan Fungsi OR
Pengertian OR
OR
adalah salah satu fungsi (function) logika yang ada pada Microsoft Excel serta dapat memungkinkan anda menentukan kondisi
dalam sebuah data tes adalah TRUE.
Fungsi OR
OR
berfungsi untuk menentukan kondisi dari sebuah data yang ada pada Microsoft
Excel dalam beberapa cell.
13)
Pengertian dan Fungsi HLOOKUP
Pengertian
HLOOKUP
HLOOKUP
adalah sebuah fungsi (function) yang ada di Microsoft Excel serta dapat memudahkan
pekerjaan anda dalam melakukan pembacaan tabel horizontal, dimana dua atau lebih
tabel horizontal mempunyai data yang saling berhubungan.
Fungsi HLOOKUP
HLOOKUP
digunakan untuk membaca tabel horizontal dalam data yang saling berhubungan di
beberapa tabel horizontal, di Microsoft Excel.
14)
Pengertian dan Fungsi VLOOKUP
Pengertian
VLOOKUP
VLOOKUP
adalah sebuah fungsi (function) logika yang ada di Microsoft Excel yang dapa tmemungkinkan
anda membaca tabel vertical dimana dua atau lebih tabel vertical mempunyai data
yang saling berhubungan.
Fungsi VLOOKUP
VLOOKUP
digunakan untuk membaca tabel vertical dimana ada dua atau lebih tabel vertical
yang saling berhubungan.
Berikut
adalah pengertian dan fungsi bagian V !!!
I.
Pengertian dan
Fungsi (>) Lebih dari
v Pengertian (>) lebih dari
Symbol
ini merupakan symbol yang dapat menandakan bahwasanya bilangan atau nilai
pertama lebih besar dari nilai kedua atau sebaliknya pun demikian.
v Fungsi (>) lebih dari
Symbol
ini dapat befungsi sebagai penanda atau untuk menunjukan suatu nilai atau bilangan lebih besar dari bilangan
atau nilai lainnya.
II.
Pengertian dan
Fungsi (<) Kurang dari
v Pengertian (<) Kurang dari
Symbol
ini dapat memungkinkan anda mengetahui apakah nilai pertama dengan nilai kedua
lebih kecil, serta dapat menandakan kurang dari.
v Fungsi (<) Kurang dari
Symbol
ini dapat berfungsi sebagai penanda atau untuk menunjukan suatu nilai bilangan yang
satu kurang dari bilangan lainnya.
III. Pengertian dan Fungsi (<=) Kurang dari atau sama
dengan
v Pengertian (<=) Kurang dari atau sama dengan
Symbol
ini dapat menandakan atau menunjukan suatu bilangan pertama kurang dari atau
sema dengan dengan bilangan yang kedua atau sebaliknya.
v Fungsi (<=) Kurang dari atau sama dengan
Symbol
ini berfungsi sebagai penanda suatu bilangan dapat dikatakan lebih kecil atau
sama dengan dengan bilangan yang lainnya.
IV. Pengertian dan Fungsi (>=) Lebih dari atau sama
dengan
v Pengertian (>=) Lebih dari atau sama dengan
Symbol
ini dapat menandakan atau menunjukan suatu bilangan pertama lebih dari atau
sema dengan dengan bilangan yang kedua atau sebaliknya.
v Fungsi (>=) Lebih dari atau sama dengan
Symbol
ini berfungsi sebagai penanda suatu bilangan dapat dikatakan lebih kecil atau
sama dengan dengan bilangan yang lainnya.
V.
Pengertian dan
Fungsi (< >) Kurang atau lebih dari
v Pengertian (< >) Kurang atau lebih dari
Symbol
ini merupakan symbol yang bertanda bahwa suatu bilangan dapat dikatakan tidak
sama dengan bilangan yang lain yang anda dikerjakan pada lembar kerja
Microsoft.
v Fungsi (< >) Kurang atau lebih dari
Symbol
ini berfungsi untuk menandakan atau menunjukan apakah bilangan tersebut tidak
sama dengan atau berbeda nilai dari bilangan lainnya yang ada pada lembar kerja
Microsoft yang dikerjakan.
Tabel II.I
Operator perbandingan |
Arti |
Contoh |
= (sama dengan) |
Sama dengan |
=A1 = B1 |
> (lebih besar dari) |
Lebih besar dari |
=A1 > B1 |
> (lebih kecil dari) |
Kurang dari |
=A1< B1 |
>= (lebih besar dari atau sama dengan) |
Lebih besar dari atau sama dengan |
=A1 >= B1 |
<= (lebih kecil dari atau sama dengan) |
Lebih kecil atau sama dengan |
=A1<= B1 |
< > (tidak sama dengan) |
Tidak sama dengan |
=A1 < >B1 |
Sc: Makalah Angga Aprian Fauzia_Tugas SMK_#OTKPKeuangan
note: ini gw ambil dari materi presentasi pas gw masih SMK:)
0 Komentar:
Post a Comment